-->
WELCOME IN CHEMISTRY'S BLOG
ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB

ASSALAMU'ALAIKUM WB.WR

Jumat, 19 Oktober 2012

ANTOSIANIN


Antosianin merupakan senyawa flavonoid yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Umumnya senyawa flavonoid berfungsi sebagai antioksidan primer, chelator dan scavenger terhadap superoksida anion. Antosianin dalam bentuk aglikon lebih aktif daripada bentuk glikosidanya. Kemampuan antioksidatif antosianin timbul dari reaktifitasnya yang tinggi sebagai pendonor hidrogen atau elektron, dan kemampuan radikal turunan polifenol untuk menstabilkan dan mendelokalisasi elektron tidak berpasangan, serta kemampuannya mengkhelat ion logam. Aktivitas antioksidan antosianin dipengaruhi oleh sistem yang digunakan sebagai substrat dan kondisi yang dipergunakan untuk mengkatalisis reaksi oksidasi.Antosianin adalah zat warna alami yang bersifat sebagai antioksidan yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. Lebih dari 300 struktur antosianin yang ditemukan telah diidentifikasi secara alami. Antosianin adalah pigmen dari kelompok flavonoid yang larut dalam air, berwarna merah sampai biru dan tersebar luas pada tanaman. Terutama terdapat pada buah dan bunga, namun juga terdapat pada daun. Kadar antosianin cukup tinggi terdapat pada berbagai tumbuh-tumbuhan seperti misalnya: bilberries (vaccinium myrtillus L), minuman anggur merah (red wine), dan anggur.









struktur antosianin

2 komentar:

  1. Bagaimana reaksi aglikon dan glikosida, sehingga pada antosianin dalam bentuk aglikon lebih aktif dari pada glikosidanya?

    BalasHapus
  2. glikosida merupakan gabungan senyawa glikon dan aglikon.dimana glikon berupa gula dan aglikon berupa bukan gula.jadi pda reaksi pembentukan glikosida ini Senyawa dibentuk oleh reaksi dari gula pyranose dengan molekul nonsugar (suatu hidrokarbon alifatik atau aromatik) disebut aglikon tersebut. aglikon ini menggantikan hidrogen dalam gugus hidroksil dari salah satu atom karbon pada cincin gula.

    BalasHapus